Lokataru Foundation membuka Program Magang bagi mahasiswa/i yang sedang libur semester genap tahun akademik 2018/2019 maupun yang sudah lulus kuliah untuk melakukan serangkaian kegiatan advokasi di lapangan kepada masyarakat adat Umalulu – Sumba Timur NTT. Saat ini mereka (Masyarakat Hukum Adat Umalulu) tengah menghadapi kondisi kritis dalam mempertahankan komunitas adatnya. Selain itu pula, timbul ancaman dan dampak negatif terhadap perusakan lingkungan hidup di sekitar tempat mereka tinggal sebagai akibat dari kehadiran pihak luar yakni korporasi yang berinvestasi pada sejumlah kawasan di Sumba Timur. Setidaknya terdapat 6 wilayah kecamatan dengan total luas 52.817,42 Hektar yang telah diberikan izin lokasi dan seluas 19.493,659 Hektar telah memiliki izin pemanfaatan ruang terkait perencanaan proyek investasi yang memanfaatkan kawasan sumber daya alam Sumba Timur. Proyek Investasi ini bergerak dalam bidang industri perkebunan monokultur tebu berikut unit pengolahannya yaitu pabrik gula, yang mana diprakarsai oleh PT Muria Sumba Manis yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Djarum Indonesia, Tbk.

Apa saja yang dapat kamu lakukan di sana?
1. Membuat kelas kreatif tentang hukum, kampanye populer dan menarik lewat sosial media, serta membantu mengembangkan kegiatan masyarakat setempat;
2. Riset soal sejarah dan pola hidup Masyarakat Adat Umalulu sambil mengumpulkan bukti-bukti situs purba Masyarakat Adat Umalulu dan memetakan wilayah adat;
3. Identifikasi ancaman investasi dari pihak luar terhadap keberadaan Masyarakat Adat Umalulu, antara lain sektor perkebunan, pariwisata, dan lain-lain.

Program Magang ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 Februari – 3 Maret 2019 (durasi satu bulan). Untuk biaya masing-masing ditanggung oleh peserta (tiket transportasi PP, konsumsi, dan kebutuhan pribadi lainnya) dan akomodasi tempat tinggal akan ditempatkan di rumah-rumah warga setempat. Namun, sebelum berangkat peserta akan dilakukan briefing terlebih dahulu mengenai gambaran kasus yang akan dihadapi di lapangan dan peran-peran apa saja yang dapat diambil dalam mendukung upaya advokasi di atas.

Ayo, daftarkan dirimu segera!*
(*batas akhir pendaftaran 1 Februari 2019.)

Atau dapat datang ke kantor Lokataru yang beralamat di:
Lokataru Kantor Hukum dan Hak Asasi Manusia
Jalan Balaipustaka I Nomor 14
+62 813 8337 9959 | 021 22474143
Email: office@lokataru.id
Website : www.lokataru.id