Siaran pers: Lokataru Foundation, Hakasasi.id Buka Call Center Warga terkait Penanganan Covid-19

Lokataru Foundation dan Hakasasi.id merekam buruknya kualitas respon dan penanggulangan pemerintah atas penyebaran virus Corona di berbagai provinsi.  Tercatat per 15 Maret 2020, telah ada 117 warga negara Indonesia di 8 provinsi, yang positif terjangkit virus Corona, 5 diantaranya meninggal dunia.

Dari rekaman peristiwa tersebut, kami menilai Pemerintah selaku penjamin hak atas kesehatan serba tak siap dalam upaya pencegahan Corona, mulai dari penyebaran informasi yang selama ini kurang memadai dan serba tertutup, hingga terhambatnya hak atas kesehatan warga yang mengancam keselamatan warga itu sendiri. Salah satu persoalannya adalah keterbatasan pelayanan kesehatan dan alat kesehatan di rumah sakit.

Untuk itu Lokataru Foundation, Hakasasi.id beserta tim relawan mahasiswa membuka call center pengaduan warga sadar corona, sebagai sarana pengumpulan fakta dan penyebaran informasi.

Kami mengajak segenap warga Indonesia yang mengalami hambatan saat hendak melakukan pemeriksaan corona karena alasan keterbatasan pelayanan kesehatan dan alat kesehatan untuk melapor via email ke wargasadarcorona@gmail.com. Kami juga menerima aduan lewat nomor telepon dan  Whatsapp ke 0813 8541 2441 atau 0896 9782 0462

Anda bisa memberikan informasi tentang keluhan dan persoalan anda terkait pemeriksaaan/tes corona, disertai dengan:

1. Nama lengkap

2. Usia

3. Nomor telepon

4. Alamat rumah

5. Rumah sakit yang didatangi (disertai tanggal dan bukti kedatangan)

6. Rekam jejak penyakit

7. Gejala (disertai dengan tanggal dimulainya gejala)

8. Riwayat perjalanan (dalam atau luar negeri)

9. Kronologi singkat

Data yang kami peroleh dari pengaduan warga akan digunakan untuk mendesak pihak berwenang agar lebih adaptif dengan ancaman wabah dan keadaan di lapangan. Seluruh data pelapor akan dijamin kerahasiaannya.

Salam,
Lokataru Foundation, Hakasasi.id, dan tim relawan Mahasiswa